Saturday 1 October 2016

MAKALAH PEREKRUTAN ONLINE (JOBSTREET)



MAKALAH


JOBSTREET 





DISUSUN OLEH :


LINDA (1519200095)

MJ3B



Program Studi Manajemen

       
   Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi MDP Palembang
Genap Tahun 2016 - 2017









KATA PENGANTAR





Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa penyusun juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan pikirannya.
      Dan harapan penyusun semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, untuk kedepannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
      Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu, kami sangat mengharapakan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
                       
                                                                                               
                                                                                              
  Palembang,   September 2016
     
                                   
                                                                                                           


                                                                                                                 Penyusun






DAFTAR ISI

Kata Pengantar ................................................................................... i
Daftar Isi ............................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN................................................................... 1
1.1 Latar Belakang.............................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN.................................................................... 2
2.1 Pengertian...................................................................................... 2
2.2 SWOT............................................................................................. 2

BAB III KESIMPULAN.................................................................... 3
3.1 Kesimpulan.................................................................................... 3
3.2 Kritik dan Saran........................................................................... 3
DAFTAR PUSTAKA......................................................................... 4






BAB I


PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG


Sebagian besar masyarakat di Indonesia umumnya sudah mengenal internet. Menurut Mondy (2001) Internet adalah sistem besar dari banyaknya komputer yang terhubung di seluruh dunia yang digunakan individu dan perusahaan untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Internet menyediakan informasi yang sangat beragam, mulai dari informasi olahraga, politik, hukum, budaya, hiburan, ekonomi dan masih banyak lagi. Beberapa perusahaan juga tentunya memanfaatkan internet untuk berbagai tujuan, salah satunya untuk merekrut karyawan. Berdasarkan Internet World Statistic, pengguna internet di Indonesia mencapai sekitar 55 juta orang, atau sekitar 22,1 persen dari seluruh populasi di Indonesia. Itu artinya, orang Indonesia sudah menggunakan internet untuk membantu memudahkan aktivitas sehari-hari. Termasuk di antaranya, mencari lowongan kerja.
Harris (2000) menyatakan media rekrutmen berbasis web (e-recruitment) jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan media rekrutmen tradisional, seperti iklan di media cetak. Semakin meningkatnya organisasi yang mengandalkan internet dikarenakan beberapa alasan yaitu internet merupakan alat yang efektif, terutama dibandingkan dengan sumber rekrutmen lainnya, Internet lebih cepat, dan internet mempermudah perusahaan dan pelamar untuk berbagi informasi. Di Indonesia ada beberapa perusahaan yang memiliki situs web dimana pelamar dapat mempelajari tentang perusahaan.
Seperti website karir perusahaan yang berisikan tentang profil perusahaan, jenis pekerjaan    dan lowongan pekerjaan perusahaan tersebut umumnya hanya bertujuan merekrut karyawan untuk  perusahaan tersebut. Contoh perusahaan yang membuat e-recruitment melalui website karir perusahaan seperti recruitment.petrokimiagresik.com, career.garuda-indonesia.com, tvonenews.tv, agungsedayu.com. Ada juga perusahaan yang memposting iklan lowongan pekerjaan di facebook, blog, dan twitter. Juga ada perusahaan yang mengiklankan pada website perekrutan pihak ketiga. Website perekrutan pihak ke-3 tersebut umumnya menawarkan iklan lowongan kerja kepada perusahaan yang akan merekrut karyawan dengan kontribusi tertentu. Contoh e-recruitment melalui website pihak ketiga seperti disnaker.tangerangkota.go.id, olx.co.id, karir.com, jakartajobfair.com, arenakarier.com
JobStreet.com mengadakan survei mengenai media yang paling sering digunakan HRD untuk mendapatkan kandidat karyawan. Sebanyak 32% responden tersebut merupakan manajer HRD perusahaan pada skala perusahaan besar dan menengah. Berdasarkan hasil survei, sebanyak 47,4% responden mengatakan bahwa untuk mendapatkan kandidat karyawan paling efektif menggunakan media rekrutmen online, dikarenakan jumlah pelamar yang masuk paling banyak jika dibandingkan dengan menggunakan media lain. Berkembangnya penggunaan internet di seluruh Indonesia menjadikan media rekrutmen online sebagai media yang paling efektif, praktis, dan hemat biaya, apalagi jika didukung 3 dengan sistem yang membantu HRD dalam melakukan penyaringan kandidat karyawan tersebut


                                                    BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian

Jobsteet adalah suatu website penyedia lapangan kerja baik dari kawasan Indonesia maupun luar negeri yang cukup luas diketahui masyarakat. Jostreet pertama kali dibuka situsnya harus melalui regristrasi terlebih dahulu. Data-data yang diminta juga termasuk banyak dan harus melengkapi keseluruhannya tersebut baru bisa membuat akun pada situs ini.

Dalam regristrasi kita diminta untuk memilih dari beragam pilihan mengenai pekerjaan yang sesuai dengan basic perkuliahan maupun pendidikan. Kita juga diminta memilih salah satu kota dari berbagai kota di Indonesia yang akan kita pilih menjadi lapangan pekerjaan. Untuk bisa memasuki profile yang sudah kita buat terlebih dahulu harus melakukan validasi ke email yang kita gunakan sebagai email pada jobsreet tersebut.

Setelah validasi baru kita akan bisa memulai untuk melihat lowongan-lowongan kerja yang ada yang terletak pada loker jobstreet. Jobsreet terdapat tiga pilihan menu yaitu Home, Search Jobs, dan MyJobStreet. Dalam Home kita bisa menjelajahi berbagai macam lowongan pekerjaan dari berbagai bidang pendidikan. Search Jobs memilih pekerjaan, baik posisi yang diinginkan maupun gaji, dan lamanya pengalaman. Kemudian ketika membuka pekerjaan yang akan diinginkan akan muncul windows baru yang berasal dari perusahaan yang bersangkutan. Dalam jobstreet pilihan pekerjaan termasuk banyak dari berbagai perusahaan.

Kerjasama dengan perusahaan-perusahaan terhitung banyak, perusahaan dari berbagai daerah di Indonesia. Jobstreet terdapat kelemahan, yaitu ketika kita memasuki Home untuk memilih pekerjaan di berbagai bidang, dan ingin masuk ke MyJobsSteet harus Log in kembali. Pencantuman dari Jobstreet pada lowongan pekerjaan kurang mencantumkan adanya alamat perusahaan yang bersangkutan dan tidak bisa langsung di share pekerjaan tersebut kepada pengguna akun twitter, Facebook, blogger dan lainnya. Dan iklan dari perusahaan tersebut tidak bisa langsung dicetak seperti yang terdapat pada Jobsdb.


2.2 SWOT

a. Strenght
Jobstreet sendiri memudahkan kita dalam proses login dimana pengguna atau pelamar pekerjaan hanya memilih apakah mendaftar secara manual atau mendaftar dengan facebook tanpa harus repot mengisi satu persatu form yang akan diisi. Ketika masuk ke Beranda Jobstreet banyak sekali lowongan pekerjaan dengan berbagai posisi yang pelamar inginkan. Di Jobstreet sendiri kita juga bisa memilih gaji yang diinginkan sesuai dengan keahlian atau posisi pelamar. Ketika akan melamar kita akan diminta mengisi disebuah kotak untuk mempromosikan diri kita dan sekaligus meyakinkan perusahaan bahwa kita benar-benar membutuhkan pekerjaan itu, dan juga dibatasi 300 karakter.







b.Weaknesses
JobStreet sendiri merupakan situs online dimana semua orang bisa melihat situs tersebut, sehingga banyak persaingan dalam merebut posisi yang akan kita lamar nantinya.


c. Opportunity
Jobstreet sendiri merupakan Situs lowongan kerja No. 1 di Indonesia , Dipercaya oleh lebih dari 49,500 perusahaan, 2x lebih baik dibandingkan situs pencari kerja lain. Dan juga Jobstreet mendapatkan pemasukan dari perusahaan yang akan memasang iklan disitus Jobstreet sendiri


d. Threats

Dengan majunya teknologi saat ini , membuat banyak persaingan antar perusahaan situs media online. Sehingga Jobstreet harus mampu mengembangkan lebih daripada situs media online lainnya agar tetap eksis di dunia perekrutan karyawan online.


BAB III

PENUTUP



3.1 Kesimpulan

Sebagian besar masyarakat di Indonesia umumnya sudah mengenal internet. Menurut Mondy (2001) Internet adalah sistem besar dari banyaknya komputer yang terhubung di seluruh dunia yang digunakan individu dan perusahaan untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Internet menyediakan informasi yang sangat beragam, mulai dari informasi olahraga, politik, hukum, budaya, hiburan, ekonomi dan masih banyak lagi. Beberapa perusahaan juga tentunya memanfaatkan internet untuk berbagai tujuan, salah satunya untuk merekrut karyawan. 

Jobsteet adalah suatu website penyedia lapangan kerja baik dari kawasan Indonesia maupun luar negeri yang cukup luas diketahui masyarakat. Jostreet pertama kali dibuka situsnya harus melalui regristrasi terlebih dahulu. Data-data yang diminta juga termasuk banyak dan harus melengkapi keseluruhannya tersebut baru bisa membuat akun pada situs ini.

Jobstreet sendiri memudahkan kita dalam proses login dimana pengguna atau pelamar pekerjaan hanya memilih apakah mendaftar secara manual atau mendaftar dengan facebook tanpa harus repot mengisi satu persatu form yang akan diisi.

3.2 Saran dan Kritik

Jika sudah ada inovasi yang dihasilkan sekecil apapun itu, berikan penghargaan. Terlebih jika inovasi itu bisa diterapkan secara nyata dan bermanfaat bagi perusahaan secara signifikan. 



DAFTAR PUSTAKA 


http://hutami-putri.blogspot.co.id/2012/03/analisis-jobstreet-dan-jobsdb.html

No comments:

Post a Comment